Sangatta (ANTARA Kaltim) - Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman mengatakan TNI masih mengkaji kemungkinan pembentukan Korem baru di wilayah Kalimantan Utara, untuk memperkuat pertahanan dan keamanan wilayah perbatasan.

Menurut Pangdam Mayjen Dicky Wainal Usman, Senin (12/11), kemungkinan besar tingkat Korem akan dibentuk, jika Provinsi Kalimantan Utara sudah terbentuk.

Pangdam mengatakan, untuk Kodam tidak perlu lagi, cukup Mulawarman saja, namun untuk Korem akan dibentuk kalau Provinsi Kalimantan Utara tersebut sudah resmi.

"Kodam VI Mulawarman sudah cukup untuk membawahi Provinsi Kalimantan Utara, namun untuk tingkat Korem itu sangat memungkinkan dibentuk, dan ini sedang dikaji dan TNI menunggu resminya Provinsi baru Kalimantan Utara," tegas Panglima berbintang dua itu, saat berada di Sangatta.

Pangdam mengatakan hal itu saat tiba di Bandara Tanjungbara, Sangatta Kutai Timur, Kalimantan Timur, untuk meninjau kesiapan lokasi Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Sekerat Bengalon, Kutai Timur.

"Saya kira kira keamanan di wilayah perbatasan sebagai serambi terdepan perbatasan dengan negara tetangga akan semakin terjaga kalau ada Korem," kata Pangdam didampingi Asisten Operasi (Asops) Kodam VI Mulawarman Kolonel Inf Teguh, saat berada di Bandara Tanjungbara, Sangatta, Senin (12/11).

Pangdam Mayjen TNI Dicky W Usman yang tiba di Bandara Tanjungbara menggunakan Helikopter MI nomor Penerbangan HA 5160, dengan Pilot Letnam PNB Agung dan Co Pilot Lettu Kusnadi dan Letda Kalek, dalam rangka meninjau lokasi latihan gabungan (Latgab) di Sekerat Kutai Timur Kaltim.

Usai meninjau lapangan, sekitar pukul 12.15 wita, Pangdam mengakan jamuan makan siang di Coffe Tanjungbara, dengan didampingi Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman dan para perwira TNI dari Kodam VI Mulawarman dan Kodim, Lanal Sangatt dan Kapolres, serta Ashok Mitra CFO PT Kaltim Prima Coal dan Hasrul Sani, Manager External Relation dan jajarannya.

Usai makan siang, Panglima meninjau Mess Enggang, di Tanjungbara, yang nantinya akan digunakan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menginap saat Latgab nanti.

Kemudian sekitar pukul 13.50 Wita, Pangdam dan rombongan kembali bertolak ke Balikpapan dari Bandara Ttanjungbara, Sangatta, menggunakan helikopter MI milik TNI AD. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar