Disdik Kukar Gelar Pelatihan Komputer

Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Para guru se-Kabupaten Kutai Kartanegara ketika mengikuti Pelatihan Komputer bagi pendidik dan tenaga kependidikan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). (Hayru Abdi/ANTARA Kaltim)

Berita Terkait
Tenggarong (ANTARA Kaltim)  - Dinas Pendidikan  (Disdik) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan komputer bagi pendidik dan tenaga kependidikan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se- Kabupaten Kukar.

"Peserta yang mengikuti pelatihan adalah para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang sudah melalui proses seleksi, dan benar-benar belum bisa mengoperasikan laptop atau komputer," kata Ketua Panitia, Emi Rosana, di Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Rabu.
 
Ia mengatakan pelatihan IT tersebut dibagi dalam dua gelombang yakni gelombang pertama berakhir pada 13 Desember dan gelombang ke dua kembali dibuka pada 14 hingga 29 Desember 2012. Pelatihan tersebut merupakan agenda yang sudah dipersiapkan untuk  mendukung program Gerbang Raja  yang sebelumnya telah dilakukan pembagian satu laptop  untuk satu guru.

Diharapkan dengan adanya pelatihan IT akan menambah wawasan dan pengetahuan para guru dan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Kukar.

Sementara itu, Kepala Bidang PNFI, PAUD dan Kejuruan H. Bahransyah mengatakan bahwa di SMK memiliki jurusan komputer maka paling tidak 75-80 persen PTK harus memiliki kemampuan di bidang komputer.

"Sekarang ini sudah tidak ada lagi tawar menawar atau dengan kata lain  suatu keharusan setiap PTK bisa menggunakan komputer untuk memperlancar dalam menyampaikan bahan pembelajaran kepada para siswanya," katanya.

Dikatakan Bahransyah, dengan adanya kemampuan PTK khususnya di bidang komputer maka otomatis akan mampu meningkatkan manajemen di sekolah. Penanganan siswa yang begitu banyak di suatu sekolah dapat dikelola oleh satu atau dua operator sehingga lebih efektif dan efisien.

"Sekadar diketahui, saat ini sudah lebih dari 13 PTK mendapat laptop dari program Gerbang Raja namun tidak semua  mampu mengoperasikan laptop tersebut." kata Bahransyah. (*)


Editor: Rahmad
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar