Nunukan (ANTARA Kaltim) - Bupati Bulungan, Kalimantan Timur, Budiman Arifin mengatakan wilayahnya siap sebab sejak awal dipersiapkan menjadi ibu kota Kalimantan Utara (Kaltara), provinsi baru yang disahkan pemerintah pusat pada Oktober 2012.

"Pada intinya Kabupaten Bulungan sudah siap menjadi ibu kota Kaltara," kata Budiman seusai menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Nunukan di Nunukan, Senin.

Kesiapan tersebut ditandai dengan pembenahan sejumlah fasilitas dan infrastruktur dalam rangka menghadapi Provinsi Kaltara telah memiliki pemerintahan sendiri, ujarnya di Nunukan, Senin.

Ia menjelaskan telah berupaya maksimal menyiapkan sejumlah sarana prasarana seperti persiapan kantor gubernur dan kantor-kantor lainnya termasuk untuk instansi vertikal lainnya.

Perkantoran yang telah disiapkan tersebut, menurut dia, telah dihibahkan kepada pemerintah Provinsi Kaltara secara keseluruhan.

Kemudian, telah disediakan lahan seluas 1,6 hektare untuk dibangun kantor gubernur, ruang pertemuan dan fasilitas lainnya.

Budiman menambahkan, rumah jabatan untuk gubernur juga telah disediakan yaitu rumah jabatan Bupati Bulungan yang sampai sekarang belum ditempati.

Ia menegaskan, untuk kompleks perkantoran bagi instansi vertikal nantinya akan disediakan pula lahan di sekitar lahan persiapan pembangunan kantor gubernur.

Terkait dengan fasilitas umum seperti bandar udara, dia mengaku belum memikirkannya berhubung membutuhkan anggaran yang cukup besar sehingga pembangunannya butuh waktu. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar