Nunukan (ANTARA Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur segera merekrut anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 15 kecamatan di wilayah itu.

Perekrutan anggota PPK ini dalam rangka kelengkapan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, pemilihan anggota legislatif dan pemilihan Presdien dan Wakil Presiden pada 2014, kata Ketua KPU Kabupaten Nunukan, MuhammaD Sain ST di Nunukan, Selasa.

Hanya saja, dia belum dapat memastikan waktu perekrutan tersebut berhubung belum ada petunjuk atau instruksi daripada tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim.

"Kalau tahapan pilgub dan pilwagub Kaltim sudah ada maka kita akan segera rekrut anggota PPK di kecamatan," ungkap dia.

Sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang pemilu, KPU kabupaten/kota harus melengkapi perangkat penyelenggara pemilu lainnya hingga tingkat tempat pemungutan suara, ujar Sain.

"Tetapi yang akan direkrut dalam waktu dekat ini adalah penyelenggara pemilu tingkat kecamatan (PPK) dulu," katanya.

PPK ini lanjut dia, akan bertugas untuk menjalankan seluruh tahapan-tahapan pelaksanaan pilgub Kaltim 2013 hingga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 mendatang.

Jadi kata Sain, tahapan pilgub maupun pilpres 2014 satu kali berjalan walaupun tahapannya berbeda, tetapi perekrutan perangkat penyelenggara pemilu (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat kelurahan dan desa.

Sain menjelaskan, perekrutan anggota PPK ini akan dilaksanakan pada 15 kecamatan dari 16 kecamatan di Kabupaten Nunukan yakni Kecamatan Nunukan, Nunukan Selatan, Sebatik, Sebatik Barat, Sebatik Timur, Sebatik Utara, Sebatik Tengah, Sebuku, Lumbis, Lumbis Ogong, Tulin Onsoi, Sembakung, Seimenggaris, Krayan dan Krayan Selatan.

Sementara Kecamatan Sembakung Atulai belum ada perekrutan karena perangkat pemerintahannya belum terbentuk sampai sekarang, ujarnya. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar