Penajam (ANTARA Kaltim) - Jumlah pemilih tetap untuk Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur 2013 mencapai 117.856 orang dengan jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 285 TPS.

Ketua KPU PPU Andi Arfin di Penajam, Senin, mengatakan, jumlah itu mengalami penambahan 1.113 orang dari semula 116.743 orang yang terdaftar dalam daftar pemilih sementara (DPS).

Andi Arfin menjelaskan jumlah DPT terdiri dari 62.289 pemilih laki-laki dan 55.567 pemilih perempuan.

Untuk Kecamatan Penajam, jumlah pemilih tetap mencapai 55.531.

Kecamatan Waru 12.701, Kecamatan Babulu 24.018, dan Kecamatan Sepaku 25.606 pemilih.

"Penambahan dan pengurangan jumlah pemilih itu wajar," kata Ketua KPU PPU Andi Arfin.

Karena pemilih yang masuk di DPS setelah dilakukan verifikasi ternyata sudah pindah. Seperti di Desa Labangka, di DPS nama yang bersangkutan masuk tapi setelah dilakukan verifikasi ternyata sudah tidak ada.

"Nama yang bersangkutan dicek lagi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), ternyata sudah pindah ke daerah lain. Jadi penambahan maupun pengurangan pemilih itu hal yang wajar," tegasnya.

Andi Arfin menjelaskan, hasil pleno sudah menjadi keputusan mutlak dan tidak bisa lagi dilakukan penambahan termasuk dari tim sukses (timses).

"Ini tidak bisa berubah lagi. masing-masing timses sudah menandatangani hasil pleno, dan itu menandakan bahwa DPT ini sudah disetujui," jelasnya.

Hasil DPT tersebut, tambah Andi Arfin, menjadi dasar untuk pencetakan surat suara ditambah 2,5 persen. Namun, untuk kartu pemilih tidak mengalami perubahan karena sesuai dengan jumlah DPT.

"Kami akan tetap konsisten dan tidak ada perubahan lagi. Kalau ada timses yang mengajukan warga yang belum masuk DPT, akan dimasukkan di DPT untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub)," tegasnya.

Setelah keempat anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyampaikan hasil DPT, kemudian Ketua KPU Kabupaten PPU, Andi Arfin meminta persetujuan dari timses masing-masing calon.

Ketiga timses tidak ada yang menyampaikan keberatan dan menandatangani berita acara hasil pleno DPT pilkada PPU.

Sementara itu, Senin (11/3) siang akan digelar rapat pleno pengundian nomor urut pasangan cabup dan cawabup pada Pilkada PPU 2013.

Tiga pasangan yang akan melakukan pengundian nomor urut itu adaah Andi Harahap-Sutiman (AMAN), Yusran Aspar-Mustaqim MZ (Yaqin) dan Sandra Puspa Dewi-Harimuddin Rasyid (SPDU) akan mengambil nomor urut. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar