Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 7.200 orang diperkirakan akan menghadiri ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, 30 Juni hingga 6 Juli 2013.

"Semua hotel di Kota Balikpapan kemungkinan besar akan dipenuhi peserta. O2SN mulai jenjang SD hingga SMA tingkat nasional akan digelar selama sepekan, mulai 30 Juni hingga 6 Juli 2013 yang dipusatkan di Balikpapan, Kaltim," ucap Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Rabu.

Dalam kegiatan itu, katanya, ada dua kota yang akan dilibatkan untuk pertandingan berbagai cabang olahraga, yakni Balikpapan dan Samarinda, tetapi sebagian besar pertandingannya digelar di Balikpapan, termasuk pembukaannya juga dilakukan di Balikpapan, yakni di Gedung Dome.

Semua cabang untuk jenjang SD dipusatkan di beberapa venues di Balikpapan, untuk jenjang SMP hanya cabang bola voli, renang, dan atletik yang digelar di Samarinda.

Kemudian untuk jenjang SMA hanya cabang atletik yang digelar di Samarinda, sedangkan untuk jenjang SMK hanya cabor bola basket yang digelar di Kota Samarinda.

Cabang yang dipertandingkan dalam O2SN jenjang SD terdapat 10, yakni catur, senam, bulu tangkis, atletik, pencak silat, tenis lapangan, karate, bola voli mini, sepak takraw, dan renang.

Untuk jenjang SMP terdapat tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni atletik, renang, bulu tangkis, bola voli, catur, karate, dan pencak silat.

Untuk jenjang SMA terdapat lima cabang yang dipertandingkan, yakni atletik, bulu tangkis, karate, pencak silat, dan tenis meja.

Sedangkan O2SN jenjang SMK terdapat lima cabang yang dipertandingkan, yakni bola basket, futsal, bola voli, tenis meja, dan bulu tangkis baik putra maupun putri.

Menurutnya, 7.200 peserta dari 34 provinsi di Indonesia itu akan memenuhi Provinsi Kaltim yang dibagi menjadi dua daerah, yakni sekitar 6.000 terkonsentrasi di Balikpapan dan sisanya yang sekitar 1.200 orang berlaga di Samarinda.

Dia juga mengatakan bahwa jumlah 7.200 orang terdiri dari atlet, ofisial, juri, dan guru pendamping sehingga diperkirakan peserta yang hadir ke Kaltim akan lebih dari jumlah itu karena biasanya akan ada orang tua yang mendampingi anaknya, terutama atlet dari jenjang SD.

Dikatakan Asli, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap bidang olahraga, di samping untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga, termasuk untuk mencari dan mencetak atlet berbakat.

Sementara hasil yang diharapkan adalah meningkatnya kondisi kesehatan siswa sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis, termasuk ingin dihasilkan siswa terbaik bidang olahraga sebagai bibit unggul atlet. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar