Samarinda (ANTARA Kaltim) - Partai Demokorat akhirnya mundur dari koalisi parpol yang mengusung Farid Wadjdy sebagai calon gubernur Kalimantan Timur periode 2013-2018.

"Setelah saya menghadap Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan pada Kamis (23/5), DPP akhirnya memutuskan mengusung Awang Faroek Ishak sebagai calon Gubernur Kaltim. Dengan keputusan tersebut, secara otomatis Demokrat mundur dari koalisi pendukung Farid Wadjdy," ungkap Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kaltim, Nicolas Pangeran, yang dihubungi dari Samarinda, Sabtu.

Sebelumnya, Partai Demokrat, PDIP, PPP, Hanura dan PKB telah membangun koalisi untuk mengusung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim periode 2013-2018.

Pada pertemuan yang berlangsung selama dua hari pada pekan lalu tersebut, partai koalisi itu menyepakati dua opsi yakni, mengusung Farid Wadjdy yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kaltim sebagai calon gubernur dan Makmur HAPK, yang menjabat Bupati Berau sebagai calon wakil gubernur.

Opsi kedua, mengusung Aji Sofyan Alex yang menjabat Ketua DPD PDIP untuk mendampingi Farid Wadjdy, sebagai calon wakil gubernur.

"Memang, awalnya kami telah melakukan pertemuan dengan teman-teman koalisi dan sudah menetapkan dua opsi. Namun dengan keluarnya keputusan DPP Demokrat itu sehingga secara otomatis kami keluar dari partai koalisi," kata Nicolas Pangeran.

Namun, lanjut Nicolas Pangeran, dukungan kepada Awang Faroek Ishak tersebut tidak secara paket.

"Jadi, Partai Demokrat mendukung Awang Faroek Ishak tetapi bukan secara paket. Artinya, kami tidak mendukung calon wakil yang saat ini sudah diusung partai lain tetapi mendukung Pak Awang Faroek Ishak sebagai calon gubernur. Terkait pasangannya, nanti akan dilihat lagi perkembangannya," ungkap Nicolas Pangeran.

Deklarasi partai pengusung Awang Faroek Ishak, kata dia, direncanakan akan berlangsung pada 27 Mei 2013.

Sebelumnya, pasangan Awang Faroek Ishak yang menjabat sebagai Gubernur Kaltim dan Mukmin Faisyal sebagai Ketua DPRD Kaltim telah diusung Partai Golkar.

Sementara, pasangan Ipong Muchlissoni yang merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Kaltim mendampingi Imdaad Hamid, mantan Wali Kota Balikpapan juga telah mendeklarasikan diri maju pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim yang rencananya dilaksanakan pada 10 September 2013 dengan mendaftar di KPU melalui jalur independen atau perseorangan. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar