Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Kota Balikpapan, Kaltim, meraih penghargaan Adipura Kencana dari pemerintah pusat untuk kategori Kota Besar.

Bersama Balikpapan, Kota Bontang, 200 km utara Balikpapan, juga meraih Adipura Kencana untuk kategori Kota Kecil.

"Penghargaan tersebut akan diserahkan pada 10 Juni nanti, langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, pukul 10.0 WIB. Hari itu bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup," kata Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana di Balai Kota, Jumat (7/6).

Penetapan Kota Balikpapan dan kota-kota lainnya yang meraih Penghargaan Adipura Kencana ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup Nomor 192 Tahun 2013 tentang Penghargaan Adipura Kencana 2013.

Menurut Kabag Humas, ada tiga hal yang dinilai untuk meraih Adipura Kencana yakni kebersihan tanah, kebersihan air, dan kebersihan udara.

Pemkot Balikpapan dinilai berhasil menjaga kebersihan tanah atau kebersihan lingkungan kota.

Petugas kebersihan atau pasukan kuning bekerja maksimal sehingga hanya sedikit sampah tersisa di dalam kota. Warga kota juga memiliki kebiasaan menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan mulai punya kebiasaan memilah sampah sehingga memudahkan kerja petugas kebersihan.

"Kita juga punya inovasi dalam mengelola sampah itu. Sampah kita jadikan gas metanol yang bisa dimanfaatkan untuk menyalakan api kompor dan penerangan," tutur Kabag Humas.

Untuk menjaga kebersihan udara, Pemkot Balikpapan terus menerus menanam pohon dan menjaga pohon-pohon yang sudah ada.

Dalam kaitan ini, Pemkot mengancam siapa pun dengan hukuman hingga 3 bulan penjara dan denda maksimal Rp5 juta, bila menebang pohon tanpa izin.

Kabag Humas Sudirman juga menuturkan, Balikpapan meraih Adipura Kencana bersama Kota Malang di Jawa Timur.

Penghargaan Adipura Kencana diberikan dalam empat kategori, yaitu kota metropolitan yang diraih Surabaya, Jawa Timur, dan Tangerang, Banten.

Selain itu ada juga kategori Kota Besar seperti yang diraih Balikpapan, kategori Kota Sedang antara lain oleh Bontang dan Tulungagung, dan Kota Kecil direbut Kota Lamongan. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar