Jakarta (ANTARA Kaltim) – Pentingnya promosi bersama sektor kepariwisataan di empat provinsi Kalimantan diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara. Untuk itu, empat provinsi di Kaltim sepakat untuk melanjutkan promosi bersama dengan berbagai kegiatan.  

“Dengan adanya kesepakatan promosi bersama diharapkan masing-masing provinsi di Kalimantan dapat bertukar informasi dan menyarankan wisatawan untuk mengunjungi provinsi di Kalimantan lainnya. Harapannya,  lama tinggal wisatawan ke Kalimantan dapat lebih lama lagi,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin usai acara Explore Exotica of Borneo di anjungan Kaltim, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (8/6).

Acara Explore Exotica of Borneo (EEB) merupakan kegiatan bersama empat Provinsi di Kalimantan, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dengan menampilkan atraksi budaya, lagu dan tari tradisional, peragaan busana daerah, pameran kepariwisataan, kuliner, dan pameran produk unggulan.   

Pada acara EEB bulan ini, Kaltim ditunjuk sebagai tuan rumah setelah sebelumnya pada bulan April yang menjadi tuan rumah adalah Kalimantan Selatan. Sedangkan untuk tuan rumah setelah Kaltim akan ditentukan setelah penutupan acara.

Kegiatan ini dihadiri  oleh Dirjen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berbasis media, Hari Waluyo, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christandy  Sanjanya, Wakil Walikota Samarinda H. Nusyirwan Ismail, Bupati Penajam Paser Utara Andi Harahap, serta kepala dinas se Kalimantan.  Selain itu juga dihadiri oleh para duta besar Negara sahabat yaitu dari Belarusia, Palestina, Taiwan, Jepang, dan Swedia.

Aswin menambahkan bahwa pelaksanaan EEB mendatang akan diikuti oleh lima provinsi dengan mengikutsertakan Provinsi Kalimantan Utara sebagai bagian dari provinsi baru di Kalimantan. (Humasprov Kaltim/yul)

 

Editor: Rahmad
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar