Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur akan diserahterimakan dari Inspektur Jenderal Polisi (Irjen) Anas Yusuf kepada Irjen Pol Dicky D Atotoy di Mabes Polri Jakarta, Rabu (12/6).

Kepala Bagian Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi Anthonius Wisnu Sutirta, yang dihubungi Senin (10/6) malam, mengatakan, setelah itu pada Jumat (14/6), Irjen Pol Dicky D Atotoy akan disambut secara resmi di Bandara Sepinggan, Balikpapan.

"Ada acara ritual tapung tawar, baru setelah itu pisah sambut Pak Anas dan Pak Dicky," sambung Kombes Wisnu.

Irjen Anas ditarik ke Mabes Polri untuk menjadi Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim).

Sebelum menjadi Kapolda Kaltim dan masih dalam pangkat brigadir jenderal, Anas Yusuf adalah anggota tim yang menjemput koruptor Nazaruddin, bekas bendahara Partai Demokrat yang melarikan diri ke Kolombia.

Irjen Dicky Atotoy sebelum ditugaskan di Kalimantan Timur bertanggung jawab atas keamanan wilayah darat dan laut Sulawesi Utara, sebagai Kapolda Sulut.

Mutasi kedua perwira tinggi ini adalah bagian dari mutasi 76 perwira polisi yang digerakkan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Konon, menurut Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol Anas Yusuf bakal menjadi Wakapolri dengan calon Kapolri Irjen Pol Tubagus Anis Angka Wijaya.

Irjen Tubagus adalah Kapolda Jabar sebelum mutasi ini.

Menurut Kombes Wisnu Sutirta, para perwira tinggi itu dimutasi dengan surat keputusan Kapolri bernomor ST/1194/VI/2013 tertanggal 7 Juni 2013.

"Ini bagian dari penyegaran, yaitu ada perwira yang pensiun, ada juga promosi, seperti Kapolda Kepri Brigjen Yotje Mende yang anak buahnya baru-baru ini mengungkap penyelundupan 162.500 butir ekstasi asal Malaysia," kata Kombes Wisnu. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar