Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan penghargaan kepada 49 sekolah jenjang SD hingga SLTA karena menjadi Sekolah Adiwiyata yakni sekolah yang peduli terhadap pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

"Penyerahan penghargaan untuk 49 sekolah itu telah dilakukan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak tadi malam, yakni bersamaan dengan penyerahan bendera program Pemeringkatan Kinerja (Proper) Lingkungan Hidup kepada perusahaan," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim Riza Indra Riyadi di Samarinda, Rabu.

Sekolah-sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiya dari Pemprov Kaltim itu terdapat 29 Sekolah Dasar (SD), 11 Sekolah Menengah Pertama (SMP), enam Sekolah Menengah Atas (SMA), dan tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Rinciannya antara lain SDN 007 Samarinda, SDN 028 Balikpapan Selatan, SDN 001 Balikpapan Barat, SDN 013 Tarakan, SDN 002 Nunukan, SDN 020 Tanah Grogot, SDN 018 Tenggarong, SDN 011 Tanjung Redeb, SDN 008 Bontang, dan SDN 008 Bengalon.

Untuk jenjang SMP antara lain SMP Aminah Syukur Samarinda, SMPN 7 Balikpapan, SMPN 3 Tarakan, SMPN 5 Penajam Paser Utara, MTs Negeri Tarakan, SMPN 6 Balikpapan, SMPN 4 Tarakan, dan SMPN 1 Nunukan.

Pada jenjang SMA adalah SMAN 3 Balikpapan, SMAN 5 Balikpapan, SMAN 7 Balikpapan, Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, SMA Hangtuah Tarakan, dan SMAN I Sangatta Utara.

Pada jenjang SMK terdapat tiga sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata, yakni SMKN 2 Balikpapan, SMKN 3 Balikpapan, dan SMKN I Sangatta Utara.

Menurut Riza, Kaltim telah mengikuti program Adiwiyata sejak 2007 dan disambut baik oleh sekolah-sekolah. Kemudian sekolah di Kaltim pertama kali menerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional pada 2010.

Selanjutnya, dari tahun ke tahun sekolah yang mengikuti program ini bertambah banyak sehingga saat ini diikuti 13 daerah dari 14 kabupaten dan kota yang ada.

Sementara hingga 2013, tedapat 122 sekolah yang telah mengikuti Program Adiwiyata, tiga di antaranya telah menjadi Sekolah Sobat Bumi, yakni SDN 003 Balikpapan Selatan, SMPN I Balikapapan Selatan, dan SMPN 10 Samarinda.

"Sekolah Sobat Bumi adalah penghargaan yang diberikan oleh Pertamina Foundation kepada Sekolah Adiwiyata Mandiri yang masih konsisten menjalankan program Adiwiyata, yakni turut melestarikan dan menjaga lingkungan," kata Riza lagi.(*)

Editor: Rahmad
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar