Tiga Koperasi di Samarinda Raih Prestasi Nasional

Ketua KPN Balaikota Supriadi Semta (kiri) Saat menunjukan piagam penghargaan yang telah diraih KPN Balaikota pada peringatan hari koperasi ke-66 yang berlangsung 12 Juli 2013 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (Foto Humas Pemkot Samarinda)

Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di halaman Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/7),"
Berita Terkait
Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tiga Koperasi di Samarinda, berhasil meraih penghargaan nasional pada peringatan hari koperasi ke-66 yang berlangsung di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 12 Juli 2013.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda M Yamin, Selasa, menyatakan, ketiga koperasi yang berhasil meraih `Award 2013` tersebut yakni, Koperasi Pegawai Negeri Balaikota, Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia Kalimantan Timur, dan Koperasi Pegawai Negeri Ruhui Rahayu.

"Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di halaman Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/7)," ungkap M. Yamin.

Prestasi yang diraih ketiga koperasi tersebut, menurut dia, sebagai bukti keberhasilan Pemerintah Kota Samarinda dalam melakukan pembinaan, pengelolaan dan pengembangan koperasi di daerah itu.

Hal itu lanjut M. Yamin, didasari oleh faktor ketertiban administrasi yang menjadi kewajiban sebuah koperasi apabila ingin menoreh prestasi baik di level daerah maupun nasional.

"Karena dalam pengusulannya, kami dari intansi terkait tentunya akan melihat beberapa faktor sebagai pendukung apabila koperasi tadi dianggap berprestasi sebelum nantinya dinilai pusat," kata M. Yamin.

Penilain terhadap kinerja koperasi itu kata dia yakni, dari segi aspek organisasi, aspek tata laksana dan manajemen, produktifitas, manfaat dan dampak serta pengembangan dan daya saing.

"Kami mengharapkan dengan prestasi ini setidaknya bisa memotivasi koperasi yang lain untuk meningkatkan kualitasnya yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujar M. Yamin.

Dari ketiga koperasi yang mendapat penghargaan di tingkat nasional 2013 tersebut, KPN Balaikota merupakan satu-satunya koperasi di Kaltim yang mendapatkan dua kali predikat koperasi terbaik tingkat nasional.

Sebelumnya, pada puncak Harkopnas pada 2007, KPN Balaikota juga meraih prestasi serupa.

"Prestasi ini juga sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus berperan serta aktif dalam pengembangan KPN Balaikota yang juga merupakan program pemerintah dalam hal membantu perekonomian anggotanya, sebagai peningkatan penghasilan bagi PNS yang tercakup sebagai PNS di Pemkot Samarinda," ungkap Ketua KPN Balaikota, Supriyadi Semta.

Sejak berdiri pada 1971, dalam memberikan pelayanan kepada anggotanya, KPN Balaikota kata Supriyadi, perolehan SHU dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan.

"Pada 2012 saja, perolehan SHU KPN Balaikota Rp225,661,631. Hasil semua itu tak lepas dari pegembangan kegiatan usaha yang juga memberikan bantuan modal baik berupa simpan pinjam bagi pegawai yang berkeinginan membuka usaha di rumah, hingga membantu biaya pendidikan," kata Supriyadi   (*)

Editor: Amirullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar