Kaltim Green dan Mulawarman Go Green Saling Bersinergi

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman. (Humasprov kaltim/Her)

Berita Terkait
Balikpapan (ANTARA Kaltim)- Program Mulawarman Go Green yang dicanangkan oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam VI/Mulawarman ke-55 dapat bersinergi dengan kampanye Kaltim Green yang telah lebih dulu dilaksanakan Pemprov Kaltim.

Demikian diungkapkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri Peringatan HUT ke-55 Kodam VI/Mulawarman, bertempat di Makodam VI Mulawarman di Balikpapan, Kamis (18/5).

“Saya sangat mengapresiasi Mulawarman Go Green untuk menanam satu juta pohon di wilayah kesatuan Kodam VI Mulawarman yang meliputi Kalsel, Kaltim dan Kaltara. Pemprov telah mencanangkan program Kaltim Green sejak 2010 lalu dengan slogan One Man Five Trees (Omfit). hingga saat ini lebih dari 87 juta pohon yang telah ditanam oleh pemerintah bersama seluruh masyarakat Kaltim,” ungkap Awang Faroek.

Selain mengapresiasi pencanangan Mulawarman Go Green, bertepatan dengan HUT ke-55 Kodam VI Mulawarman, Awang Faroek mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodam VI Mulawarman yang selama ini telah bekerjasama dengan baik bersama Pemprov dan seluruh pemangku kepentingan di Kaltim, sehingga menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Kaltim sebagai bagian dari Pulau Kalimantan yang merupakan kompartemen strategis pertahanan keamanan harus terus dijaga situasinya agar terus kondusif. Terlebih Kaltim bersama Kaltara yang berada di wilayah kesatuan Kodam VI Mulawarman memiliki garis perbatasan darat sepanjang 1.038 kilometer dengan Malaysia.

Untuk itu, dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di Kaltim dan Kaltara khususnya di kawasan perbatasan, Pemprov Kaltim menghibahkan alutsista (alat utama sistem pertahanan) berupa helikopter Bell-412 EP buatan PT Digrantara Indonesia (DI) kepada Kementrian Pertahanan. Jenis heli ini merupakan helikopter serbaguna segala cuaca, heli ini mampu menjalankan tugas artileri udara, angkutan, patrol, hingga tugas SAR dalam segala kondisi cuaca.

“Kaltim dan Kaltara memiliki perbatasan yang membutuhkan pengawasan khusus, helikopter jenis ini sudah andal di kelasnya diharapkan mampu melakukan penerbangan sipil, pemadaman kebakaran, dan operasi SAR. Apalagi momen penyerahan heli ini berdekatan dengan momentum peringatan HUT Kodam VI Mulawarman,” katanya. (Humas Prov Kaltim/Her)

 

Editor: Rahmad
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar