30 Tim Berlaga Parade Cinta Tanah Air

Kabid Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin (ANTARA Kaltim)

PCTA 2013 rencananya besok (25/9) pukul 8.00 akan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di aula Dinas Pendidikan Kaltim,"
Berita Terkait
Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 30 tim dari 10 SMA di sembilan kabupaten dan kota di Kalimantan Timur siap berlaga dalam Parade Cinta Tanah Air garapan Kementerian Pertahanan RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat.

"PCTA 2013 rencananya besok (25/9) pukul 8.00 akan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di aula Dinas Pendidikan Kaltim," ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Selasa.

Dalam PCTA tingkat Provinsi Kaltim terdapat dua kategori yang dilombakan yakni kategori debat atau diskusi kelompok, kemudian kategori penulisan feature tentang kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR).

Pada kategori diskusi diikuti sebanyak 30 tim atau kelompok, masing-masing kelompok terdapat tiga orang sehingga total peserta PCTA katagori diskusi sebanyak 90 siswa SMA. Jumlah itu merupakan batas maksimal yang ditentukan panitia.

Sedangkan PCTA kategori parade penulisan tentang kecintaan terhadap NKRI, lomba penulisan artikel itu dibuka untuk perorangan dengan jumlah tidak dibatasi bagi tiap provinsi sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Para juara I, II, dan III dalam lomba diskusi dan penulisan artikel akan diumumkan di akhir acara pada 25 September. Masing-masing juara pertama akan mengikuti ajang yang sama di tingkat nasional pada Oktober 2013.

Para juara akan mendapat uang pembinaan dari Kementerian Pertahanan RI melalui Komando Resor Militer (Korem) 091/ASN Samarinda, kemudian mendapat piala dari Kepala Dinas Pendidikan Kaltim.

Juara I kategori diskusi maupun penulisan artikel akan mewakili Provinsi Kaltim bertarung di ajang yang sama di tingkat nasional, yakni rencananya digelar pada Oktober 2013 di Jakarta.

Di tingkat nasional, setelah menyelesaikan rangkaian lomba, seluruh peserta grand final akan mengikuti kegiatan City Tour di Jakarta, seperti ke Monas, Museum Satria Mandala, Istana Negara, dan diajak ke pameran teknologi pertahanan bertaraf internasional Indo Defence 2013.

Menurut Asli, ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan itu, di antaranya para paserta lomba PCTA akan memiliki kemampuan mengekspresikan pemikiran, baik secara lisan maupun tulisan mengenai bela negara serta rasa cinta Tanah Air.

Lomba ini juga dimaksudkan tercapainya pembinaan pembentukan karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan, dan memiliki kesadaran bela negara. Kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan program bela negara bagi pelajar SLTA di seluruh Indonesia.   (*)

Editor: Amirullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar