SKPD Kutai Timur Bahas Program Transmigrasi Pesisir

Ilustrasi: Perumahan Transmigrasi (Istimewa)

Kenapa harus melibatkan banyak SKPD, karena masing-masing SKPD memiliki peran dan fungsi masing-masing didalam perencanaan dan di lapangan
Berita Terkait
Sangatta (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur akan melibatkan 12 Satuan Kepala Perangkat Daerah (SKPD) untuk membahas rencana program pengembangan transmigrasi di kawasan pesisir.

"Pemkab Kutai Timur ingin mengubah pola transmigrasi pertanian menjadi transmigrasi kelautan dengan memanfaatkan potensi kelautan. Untuk itu, program pengembangan transmigrasi di kawasan pesisir akan melibatkan 12 SKPD," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kutai Timur H Abdullah Fauzie, di Sangatta, Minggu.

Menurut Kadisnakertrans H Abdullah Fauzie, ke-12 SKPD nantinya akan terlibat dalam pembahasan program pengembangan transmigrasi wilayah pesisir, antara lain Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perkebunan dan beberapa Dinas lainnya.

Dikatakan Abdullah Fauzie, Kabupaten Kutai Timur yang memiliki garis pantai sepanjang sekitar 150 kilometer memiliki potensi yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat transmigrasi yang berada di kawasan pesisir.

Potensi kawasan pesisir yang bisa dikembangkan, tambah Fauzie, selain hasil perikanan yang saat ini belum optimal dikelola, juga adalah potensi budidaya rumput laut yang memiliki nilai jual cukup tinggi yang nantinya bisa menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir.

Dia mengatakan, Bupati Kutai Timru Isran Noor meminta 12 Kepala SKPD untuk bersama-sama merumuskan rencana pengembangan transmigrasi pesisir ini.

"Kenapa harus melibatkan banyak SKPD, karena masing-masing SKPD memiliki peran dan fungsi masing-masing didalam perencanaan dan di lapangan," ujar Abdullah Fauzie.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aswandiri Tirta pun mengatakan, Pemkab Kutai Timur sedang mengkaji untuk membangun kawasan pesisir melalui transmigrasi pesisir.

"Kawasan Sangkulirang dan Kaliorang sangat tepat dibangun sebagai kawasan transmigrasi pesisir," katanya.

Ia mengatakan kalau program ini sedang dikaji dengan melibatkan beberapa SKPD sesuai saran Bupati Isran Noor. "Mudah-mudahan ini bisa dimulai tahun 2014," katanya. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar