Senin, 25 September 2017

Tes Tulis Pendamping Desa Loloskan 500 Calon

id tes, pendamping, desa, kaltim
Tes Tulis Pendamping Desa Loloskan 500 Calon
Sebanyak 593 peserta calon pendamping desa di Kaltim mengikuti tes tulis di Auditorium SMAN 10 Samarinda, Minggu (10/9). (-)

Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Tes tulis perekrutan calon tenaga pendamping profesional desa di Provinsi Kalimantan Timur yang digelar Minggu (10/9) dan hasilnya diumumkan Selasa, meloloskan sebanyak 500 peserta guna mengikuti tahapan selanjutnya.

 

       

"Dalam tes tulis yang digelar 10 September lalu diikuti 593 peserta. Berdasarkan verifikasi tim seleksi, terdapat 93 orang yang tidak lulus karena nilainya rendah," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim M Jauhar Efendi di Samarinda, Selasa.

 

      

Ini berarti ada 500 peserta yang akan mengikuti proses seleksi tahap ketiga, yakni ujian wawancara yang digelar selama tiga hari pada 13-15 September 2017 di Hotel Harris Samarinda.

 

      

"Dalam ujian wawancara itu, tim seleksi akan menyingkirkan 163 peserta karena kuota yang tersedia dalam perekrutan kali ini jumlahnya hanya 337 posisi pendamping yang lowong," ujar Jauhar.

 

       

Untuk calon pendamping profesional yang lolos tes tulis dan akan mengikuti ujian wawancara adalah pada posisi Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kabupaten Paser sebanyak 33 peserta.

 

       

PDP Kabupaten Kutai Kartanegara 51 peserta, Berau 15 peserta, Kutai Timur 33 peserta, Kutai Barat 15 peserta, Penajam Paser Utara 9 orang, dan Mahakam Ulu tiga orang.

 

       

Selanjutnya, posisi Pendamping Lokal Desa (PLD) Kabupaten Paser 52 peserta, Kutai Kartanegara 66 peserta, Berau 15 peserta, Kutai Timur 32 peserta, Kutai Barat 39 peserta, Penajam Paser Utara enam peserta, dan PLD Mahakam Ulu lima peserta.

 

       

Posisi Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) meloloskan 69 peserta, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-PMD) 15 orang, TA Infrastruktur Dasar 14 peserta, dan TA Pembangunan Partisipatif sebanyak 12 orang.

 

       

Kemudian TA Pengembangan Ekonomi Desa (PED) berhasil meloloskan sembilan orang, TA Teknologi Tepat Guna (TTG) lima orang, dan pendamping profesional pada posisi TA Pelayanan Sosial Dasar (PSD) berhasil diloloskan dua peserta.

 

       

Sedangkan jadwal ujian wawancara adalah pada Rabu (13/9) untuk posisi PDP Kutai Barat, Berau, Mahakam Ulu, PLD Kutai Barat, Berau, Mahakam Ulu, Kutai Timur, Paser, dan PLD Penajam Paser Utara.

 

       

Kemudian hari Kamis (14/9) untuk pelamar posisi PDTI, dilanjutkan posisi PDP Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Paser, dan PDP Penajam Paser Utara.

 

       

Sementara jadwal wawancara hari Jumat (15/9) adalah untuk pelamar posisi PLD Kutai Kartanegara, TA-ID, TA-PID, TA-PP, TA-PSD, dan TA-TTG.

 

       

"Tes wawancara selama tiga hari mendatang merupakan bagian terakhir dari rekrutmen. Setelah itu, bagi yang lolos tes wawancara akan mengikuti pelatihan pratugas dan akan ditempatkan di tujuh kabupaten di Kaltim," jelas Jauhar. *

Editor: Rahmad

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0142 seconds memory usage: 0.53 MB